GERAKAN NASIONAL (GERNAS) SADAR GIZI DI DESA AIR LANANG KECAMATAN CURUP SELATAN

Dalam rangka percepatan perbaikan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan (mulai dari janin sampai usia 2 tahun) untuk menciptakan sumberdaya manusia Indonesia yang sehat, cerdas dan produktif Bupati Kabupaten Rejang Lebong, H Suherman, SE, MM mencanangkan Gerakan Nasional (Gernas Sadar Gizi) Tingkat Kabupaten di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan, Rabu tanggal 10 Oktober 2012. Gerakan ini menjadi program dasar yang sangat kuat dan indikator tujuan pertama perbaikan gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong dibawah Ka.Dinas Kesehatan Herwan Antoni, SKM, MKes untuk mencapai pembangunan Millenium Development Goal’s (MDG’s).

Tujuan dari Gerakan Nasional Sadar Gizi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan  perilaku masyarakat yang baik tentang pola  konsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman serta membudayakan melakukan aktivitas fisik yang teratur dan terukur pada masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh intansi  /SKPD di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Provinsi (Dinas Kesehatan Provinsi), Kader-kader masyarakat (seperti  Posyandu, PKK, dll),  tokoh masyarakat dan agama, Perguruan Tinggi (STIPER), Organisasi Profesi (IBI, PERSAGI, PDGI, PPGI, PPNI), Media Massa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),  dan Dunia Usaha (Koica Milk Shop).

Acara ini ditujukan kepada ibu hamil, ibu menyusui, ibu balita, anak sekolah, remaja dan lansia. Rangkaian pelaksanaan kegiatan sesuai dengan 5 pesan yang terkandung dalam prilaku sadar gizi (penimbangan, pemeriksaan garam beryodium, pemberian tablet Fe dan Vitamin A serta penyuluhan  ). Adapun pesan yang disampaikan Bapak Bupati Kabupaten Rejang Lebong pada acara ini adalah agar masyarakat berprilaku sadar gizi dengan cara:

  1. Menimbang berat badan secara teratur
  2. Mengkonsumsi zat gizi mikro sesuai anjuran
  3. Menggunakan garam beryodium
  4. Mengkonsumsi aneka ragam bahan makanan
  5. Berikan asi ekslusif (0-6 bulan) dan dilanjutkan sampai usia 2 tahun dengan penambahan mpasi
  6. Penerapan aktifitas fisik yang cukup dan teratur
  7. Memanfaatkan pekarangan dengan tanaman untuk mendukung perbaikan gizi keluarga

Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat hidup sehat dan menjadi keluarga sadar gizi (KADARZI) sehingga berdampak pada peningkatan status gizi masyarakat.

Komentar Facebooker

komentar


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *